Search This Blog

Jokowi Minta Patimban Jadi Pusat Ekspor Otomotif pada 2027 - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Pelabuhan Patimban dipersiapkan menjadi pusat kegiatan ekspor otomotif pada 2027. Niat itu ia sampaikan kala meninjau kawasan pelabuhan di Subang, Jawa Barat, pada Jumat, 29 November 2019.

“Kita ingin pelabuhan ini jadi sebuah hub besar untuk otomotif dan logisitik yang kita ekspor ke Australia, Selandia Baru, dan negara-negara ASEAN. Semua berangkat dari Patimban ini," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang disiarkan humas Kementerian Perhubungan, Jumat sore.

Menurut Jokowi, fokus Pelabuhan Patimban sebagai sentra ekspor otomotif, pada akhirnya akan meningkatkan daya saing Indonesia di sektor perdagangan global. Sebab, saat pelabuhan ini beroperasi, biaya logistik yang sebelumnya menjadi masalah utama perdagangan di Indonesia akan teratasi.

Selain itu, keberadaan pelabuhan ini digadang-gadang bakal memperkuat ketahanan ekonomi dan mengurangi tingkat kepadatan lalu-lintas ekspor-impor kendaraan di Tanjung Priok di Jakarta. Keselamatan pelayaran, termasuk area eksplorasi minyak dan gas, pun bakal terjamin.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek pembangunan Pelabuhan Patimban membutuhkan investasi sekitar Rp 40 triliun. Dari kebutuhan tersebut, pemerintah mendapatkan pinjaman Rp 23,5 triliun dari Japan International Cooperation Agency atau JICA.

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya https://bisnis.tempo.co/read/1278201/jokowi-minta-patimban-jadi-pusat-ekspor-otomotif-pada-2027

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Minta Patimban Jadi Pusat Ekspor Otomotif pada 2027 - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.