Search This Blog

Jokowi Mendadak Otomotif - Detikcom

Jakarta - Dunia otomotif sepanjang tahun 2018 dipenuhi banyak hal menarik. Selain mobil dan motor baru banyak juga peristiwa yang menghebohkan jagat otomotif Tanah Air. Salah satu yang cukup disorot adalah hobi motoran Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bukan rahasia lagi kalau pemimpin negara mendapat perlindungan ketat dari para pengawalnya. Berpergian kemana pun presiden menumpangi mobil super aman, bahkan tahan peluru.

Jarang sekali pemimpin negara yang bahkan melakukan kunjungan kerja mengendarai motor. Naik motor memang lebih berisiko bagi pemimpin negara sekalipun dijaga ketat di sekelilingnya. Bahkan Presiden AS tidak diizinkan mengendarai motor demi menjaga keamanan.

Namun, Jokowi sering melakukan kunjungan kerja hingga menghabiskan akhir pekan dengan menunggangi sepeda motor. Sepanjang 2018, Jokowi beberapa kali menyalurkan hobi motorannya dengan motor modifikasi miliknya sampai motor listrik.
Jokowi naik motor di Bandung. Jokowi naik motor di Bandung. Foto: Jokowi naik motor di Bandung (Foto: Agus Suparto)

Hobi motoran Jokowi bukanlah satu-satunya yang menghebohkan dunia otomotif Indonesia. Tahun 2018 Jokowi tampak cukup aktif hadir dalam berbagai kegiatan otomotif. Dimulai dari pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) April 2018. Jokowi hadir di pembukaan IIMS sekaligus berkeliling memantau pameran tersebut. Tahun-tahun sebelumnya, pameran otomotif seperti IIMS dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jokowi di IIMS 2018. Jokowi di IIMS 2018. Foto: Andhika Prasetia/ detikcom

Di IIMS 2018, Mantan Wali Kota Solo itu pun sempat menengok moge Honda Gold Wing yang disebutnya cocok dikendarai Paspampres. Di pameran itu juga motor chopper Jokowi dan motor cafe racer putranya, Gibran Rakabuming, dipajang.

Jokowi Resmikan Ekspor Pertama Mitsubishi Xpander. Jokowi Resmikan Ekspor Pertama Mitsubishi Xpander. Foto: Rengga Sancaya

Masih di bulan April, Jokowi menghadiri perayaan ekspor Mitsubishi Xpander, ke beberapa negara ASEAN. Jokowi menjadi saksi dan meresmikan mobil penantang Toyota Avanza itu dikirim ke berbagai negara.

Tak cuma itu, Jokowi menyempatkan diri mengunjungi pameran otomotif Tumplek Blek pada Juli 2018. Saat itu Jokowi melihat-lihat motor-motor yang dipamerkan di sana.

Jokowi membuka GIIAS dan meluncurkan mobil pedesaan. Jokowi membuka GIIAS dan meluncurkan mobil pedesaan. Foto: Andhika Prasetia

Memasuki bulan Agustus 2018, kehadiran Jokowi di kegiatan otomotif belum berakhir. Ia kembali hadir pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sekaligus menjadi pembuka. Seperti IIMS, tahun-tahun sebelumnya GIIAS dibuka oleh Jusuf Kalla. Di GIIAS 2018, Jokowi memantau mobil-mobil masa depan yang bakal memenuhi jalanan.

Jokowi Hadiri Perayaan 30 Tahun Ekspor Toyota Indonesia. Jokowi Hadiri Perayaan 30 Tahun Ekspor Toyota Indonesia. Foto: Pradita Utama

Keaktifan Jokowi di dunia otomotif Indonesia kembali ditunjukkan saat ia datang ke perayaan 30 tahun ekspor mobil Toyota buatan Indonesia pada September 2018.

Jokowi Kunjungi IMOS. Jokowi Kunjungi IMOS. Foto: Istimewa/Honda

Pameran otomotif tampaknya menjadi sesuatu yang menarik buat Jokowi. Digelar pada November 2018, pameran Indonesia Motorcycle Show pun tak luput dari kehadirannya. Meski tak menjadi pembuka, Jokowi datang ke sana memperhatikan perkembangan industri roda dua Tanah Air di akhir pekan.

Jokowi Naik Xmax saat kunjungi pabrik Yamaha. Jokowi Naik Xmax saat kunjungi pabrik Yamaha. Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Awal Desember, Yamaha merayakan ekspor 1 juta unit motornya ke negara-negara Eropa dan lainnya. Jokowi pun datang ke perayaan tersebut. Uniknya tidak hanya berkunjung ke pabrik, ia juga menyempatkan untuk makan di kantin karyawan bersama-sama saat makan siang.

Itulah beberapa keaktifan Presiden Jokowi selama 2018 di industri otomotif. (dry/rgr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya https://oto.detik.com/profil/d-4360201/jokowi-mendadak-otomotif

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Mendadak Otomotif - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.