Search This Blog

Tanah Kuning Dilirik Industri Otomotif

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning bakal diisi banyak industri manufaktur.

Salah satunya industri komponen mobil listrik.

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai berminat masuk ke Indonesia, salah salah satunya ke kawasan industri di Kalimantan Utara.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, tahap awal nanti Hyundai akan memproduksi baterai lithium untuk mobil listrik.

Selain Hyundai, perusahaan rekanan China-Indonesia yaitu PT Indonesia Strategis Industries juga meminati industri otomotif. Mereka kata Irianto siap mendirikan pabrik komponen kendaraan roda empat.

Agar KIPI Tanah Kuning bisa direalisasikan, salah satu kuncinya adalah kelistrikan. Irianto mengatakan, dalam waktu dekat investor PLTA berkapasitas 9.000 Mega Watt akan melanjutkan kontruksi bendungan tahap I pasca di-groundbreaking awal tahun 2014 lalu.

Ia mendukung sepenuhnya siapapun Investor yang akan membangun pusat industri di KIPI Tanah Kuning. Dengan catatan, si investor harus serius dan patuh terhadap aturan perundangan-undangan.

"Rencananya harus dilaksanakan. Kita dari Pemprov akan mendukung dan fasilitasinya dengan pemerintah (pusat). Misalnya soal perizinan," katanya.

Untuk diketahui, KIPI Tanah Kuning berpayung hukum Perpres 59 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Lahan yang dibutuhkan untuk infrastruktur ini mencapai 25 ribu hektare. Penerapan lahan seluas itu menunggu revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bulungan. (Wil)
Attachments area

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya http://www.tribunnews.com/regional/2018/06/27/tanah-kuning-dilirik-industri-otomotif

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tanah Kuning Dilirik Industri Otomotif"

Post a Comment

Powered by Blogger.