Search This Blog

Pecinta Harley Akan Buat Sejarah Otomotif di Prambanan

Bandung, CNN Indonesia -- Pecinta Harley Davidson di Indonesia bermaksud membuat sejarah baru dalam otomotif negeri ini di kawasan Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta bulan depan.

Di kawasan seribu candi itu, para pecinta motor besar tersebut akan menunjukkan citra yang lain dengan menggelar Indonesia Heritage Motorcycles pada 20-21 Juli 2018.

"Jangan menganggap acara Harley-Davidson ini acara naik motor semata. Tapi melalui acara ini kita ingin bersama-sama melestarikan sejarah dan cagar budaya para pencinta motor klasik," ujar Ketua umum penyelenggara Vintage Harley Davidson Enthusiast Indonesia (VHDEI) Boyke P. Soerianata di Bandung, Sabtu (30/6).


Boyke mengatakan, Indonesia Heritage Motorcycles merupakan acara para penggila motor klasik Harley-Davidson yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Lewat acara ini, katanya, ingin menyinergikan sejarah motor antik dengan kultur dan seni budaya leluhur yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

"Ini kali pertama dilakukan dan Indonesia Heritage Motorcycles 2018 akan tercatat dalam lembar sejarah di dunia otomotif tanah air, bahkan dunia," ungkapnya.  

Boyke menuturkan, acara ini akan dilakukan pemecahan rekor MURI di mana ratusan motor Harley-Davidson klasik bersejarah akan berkumpul di satu tempat yang sama.

"Kita akan mencetak rekor terbanyak dalam satu rally riding bersama sekitar 200-250 lebih khusus kendaraan Harley-Davidson klasik selama 24 kilometer dari Prambanan ke Breksi. Semua rider akan memakai baju surjan dan blangkon," tutur Boyke.

Ratusan motor Harley-Davidson yang hadir di antaranya produksi tahun 1903-1984.

"Itu semuanya ada di Indonesia. Kebanyakan memang yang produksi tahun 40-50," ujar dia. 

Boyke mengatakan gelaran yang akan mereka selenggarakan itu tak menjadi monopoli pecinta Harley Davidson, namun juga membuka diri bagi penggemar motor klasik lain.

"Semua para pecinta motor klasik di tanah air, ayo kita berkumpul di Candi Prambanan, Yogyakarta. Kita nikmati acara ini dalam kebersamaan dan semangat kekeluargaan," pintanya.


Harley Davidson adalah salah satu motor klasik yang sudah melegenda di dunia. Motor pabrikan Amerika Serikat ini dikenal karena kapasitas mesinnya yang besar.

Sejarah motor ini dimulai dari Milwaukee, Amerika Serikat, pada awal abad ke-20 silam. Kala itu Bill Harley dan Arthur Walter Davidson mengembangkan sebuah motor satu silinder, dan terus berkembang hingga saat ini.

Beberapa jenis dan tahun produksi motor Harley yang terkenal adalah El Knucklehead yang keluar pada 1936. Kemudian, Duo Glide yang keluar 1961 dengan kapasitas mesin 1.208 cc. Dan, Sportster.

Salah satu ciri khas sepeda motor Harley adalah badan motor yang besar, dan posisi pengendara yang lebih rendah serta stang yang lebih tinggi. Hal itu, membuat sepeda motor ini nyaman untuk dikendarai dalam perjalanan jauh. (hyg/kid)

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180701001738-384-310470/pecinta-harley-akan-buat-sejarah-otomotif-di-prambanan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pecinta Harley Akan Buat Sejarah Otomotif di Prambanan"

Post a Comment

Powered by Blogger.