Search This Blog

Mesin Skyactiv-3 Mazda Diklaim Setara Mobil Listrik

HIROSHIMA, iNews.id - Kabar terbaru datang dari Mazda. Pabrikan mobil Jepang itu sedang mengembangkan mesin berbahan bakar bensin yang diyakini memiliki emisi sebersih mobil listrik (electric vehicle).

Sepertinya rencana tersebut bukanlah isapan jempol. Kepala divisi powertrain Mazda, Mitsuo Hitomi membeberkan hal itu dalam konferensi teknikal otomotif di Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Motoring, Senin (29/1/2018), mesin yang dimaksud adalah Skyactiv-3. Perlu diketahui, nama Skyactiv dengan angka 3 di belakangnya bisa disimpulkan jika Mazda sedang mengembangkan mesin Skyactiv generasi ketiga.

Tapi, sepertinya Mazda masih akan menyimpan mesin Skyactiv-3 ini, lantaran pabrikan otomotif yang bermarkas di Jepang tersebut tengah menyiapkan penerus dari Skyactiv-G, yaitu Skyactiv-X. Yakni, teknologi mesin yang memadukan keuntungan mesin diesel dan bensin, rencananya baru masuk dalam lini Mazda Maret 2019.

Mazda X
Kembali ke mesin Skyactiv-3 yang berhubungan dengan Skyactiv-X, Mitsuo Hitomi menjelaskan mesin Skyactiv-3 memiliki efisiensi jauh lebih tinggi dan mengurangi energi yang terbuang dari proses pembakaran. Dalam hal ini, Mazda ingin meningkatkan efisiensi dari 27 persen menjadi 56 persen yang akan disematkan pada mesin Skyactiv-X

Mazda mengklaim mesin generasi penerusnya memiliki level emisi gas buang setara kendaraan listrik. Tapi, klaim tersebut masih sebatas perbandingan Skyactiv-3 dan mobil listrik murni.

Belum diketahui secara pasti bagaimana cara kerja mesin Skyactiv-3 yang dimaksud meskipun patokannya melihat mesin Skyactiv-X. Mazda menyebutnya sebagai mesin SpCCI (Spark-controlled Compression Ignition). Skyactiv-3 diklaim sebagai pengembangan yang lebih revolusioner.

Editor : Dani Dahwilani

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya http://www.inews.id/otomotif/read/mesin-skyactiv-3-mazda-diklaim-setara-mobil-listrik?sub_slug=mobil

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mesin Skyactiv-3 Mazda Diklaim Setara Mobil Listrik"

Post a Comment

Powered by Blogger.