Search This Blog

Pengembangan SDM Kunci Angkat Daya Saing Otomotif

Pengembangan SDM Kunci Angkat Daya Saing Otomotif

Ilustrasi industri otomotif. (Istimewa )

Jakarta – Pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing industri sekaligus produk otomotif. Sebab, kualitas karyawan dan elemen pendukung lain yang terlatih akan menghasilkan kendaraan yang berkualitas tinggi.

Seiring dengan itu, Toyota Indonesia menyelenggarakan Toyota Indonesia Berbagi Ilmu, yang berlokasi di Hotel Resinda Karawang, Rabu (31/1). Turut hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementrian Tenaga Kerja Bambang Satrio, Kepala Pusdiklat Kementrian Perindustrian (Kemenperin) Mujiono, Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan M. Bakrun, Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi Sumarna F. Abdurahman, beserta Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Acara itu merupakan wadah dari empat agenda utama, yaitu Kaizen Goes to School, Kompetisi Robotic Training, Program Pemagangan dan Sertifikasi, serta donasi alat peraga pendidikan. Keempat program tersebut merupakan bagian dari upaya Toyota Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan SDM berdaya saing tinggi.

“Kami ingin berbagi pengetahuan dan keahlian industri, khususnya di bidang otomotif bagi generasi muda, sehingga para penerus bangsa ini dapat menjadikan Toyota sebagai salah satu referensi pengetahuan manufaktur kendaraan di Indonesia. Kami membuka diri semaksimal mungkin melakukan transfer ketrampilan untuk mendukung pencapaian peningkatan kualitas SDM Indonesia,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Edward Otto Kanter dalam keterangan resmi.

Toyota Indonesia, kata dia, berupaya mendukung program-program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas SDM industri Indonesia, termasuk memperkecil jurang antara keahlian lulusan sekolah vokasi dan pencari kerja dengan kebutuhan industri secara riil.

Dia mengungkapkan, melalui Kaizen Goes to School, Toyota Indonesia menggandeng institusi universitas, SMK, balai latihan kerja, dan institusi vokasi lain dalam menciptakan kurikulum berbasis industri serta membangun laboratorium atau ruang praktik industri. Selanjutnya, Toyota Indonesia memfasilitasi minat dan bakat generasi muda di bidang robotik melalui proyek perdana Kompetisi Robotik.

Komitmen selanjutnya adalah mendukung program pemerintah untuk menciptakan seluruh tenaga kerja Indonesia yang tersertifikasi pada 2020 bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Pengembangan kemampuan SDM Indonesia juga diwujudkan dalam bentuk donasi kendaraan berupa 10 unit mobil sebagai alat peraga pendidikan dan pembelajaran.

Sumber: Investor Daily

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya http://www.beritasatu.com/iptek/476213-pengembangan-sdm-kunci-angkat-daya-saing-otomotif.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengembangan SDM Kunci Angkat Daya Saing Otomotif"

Post a Comment

Powered by Blogger.