Search This Blog

Begini Cara Nissan Menguji Kualitas Cat 7 Hari Tanpa Henti - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Cat menjadi hal yang penting bagi penampilan kendaraan, cat yang mengkilap tentu akan meningkatkan kegantengan mobil. Mungkin banyak yang menganggap cat ini hal yang sepele, namun tidak pada Nissan. Mereka memiliki cara untuk menguji kehandalan cat yang mereka gunakan. Nissan menilai cat adalah hal yang penting dan tidak boleh diabaikan.

Baca: Nissan Juke Gen 2 Produksi Massal pada 2019, Desain Lebih Agresif

Dalam prosentase sehari, kendaraan yang dipakai konsumen paling banter terkena sinar matahari hanya 12 jam. Namun, Nissan menguji cat kendaraan buatannya selama 24 jam tanpa henti hingga 7 hari berkelanjutan. Tentunya, mereka mengharapan pengujian ini untuk memastikan kualitas sesuai kondisi di lapangan.

Pengujian ini, Nissan menggunakan sebuah kotak yang yang disebut Xenon Weather-Ometer (XWO), dan tujuan utamanya adalah untuk mensimulasikan lingkungan UV yang keras atau simulasi sinar matahari membakar pada berbagai sampel cat. Alat ini dapat menampung hampir 100 sampel sekaligus, dan karena "matahari" bersinar di dalam kotak 24 jam sehari, Nissan dapat mempelajari efeknya kira-kira setengah dari waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya dengan cara kuno.

Sampel cat Nissan yang akan dipanggang di Xenon Weather-Ometer (XWO) untuk menguji kualitas cat. Sumber: motor1.com

XWO adalah bukan alat canggih namun cukup sederhana. Alat ini menggunakan bohlam Xenon 4.000 watt tunggal untuk memancarkan jenis gelombang panjang UV yang sama seperti matahari, secara efektif memanggang semua sampel sekaligus. Chip cat ditempatkan pada dudukan berbentuk bola besar yang berputar perlahan di dalam, mensimulasikan orbit bumi.

Simak: Nissan Navara N-Guard 2018 Tangguh, Cocok Dipakai Berpetualang

"Selain tes dunia nyata, alat ini memungkinkan kita untuk menciptakan lingkungan yang keras," kata Doug Prytula, seorang teknisi untuk pengujian bodi dan sasis Nissan Amerika Utara. "Ini satu langkah lagi yang kami ambil untuk memastikan standar kualitas Nissan tidak ada duanya."

XWO tidak mensimulasikan faktor angin, air, atau lingkungan lainnya, tetapi terlepas dari kondisi cuaca, semua mobil akan mendapat tekanan besar dari dampak sinar matahari.

MOTOR1

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya https://otomotif.tempo.co/read/1158343/begini-cara-nissan-menguji-kualitas-cat-7-hari-tanpa-henti?https://www.tempo.co/indeks&campaign=https://www.tempo.co/indeks_Click_3

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Cara Nissan Menguji Kualitas Cat 7 Hari Tanpa Henti - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.