Search This Blog

Didukung 4 Komponen, Begini Cara Kerja ABS di Kendaraan ...

Lalu, katup pada jalur minyak rem memiliki tiga posisi yang berbeda-beda. Pada katup posisi satu, terbuka penuh sehingga tekanan minyak rem secara penuh langsung diteruskan ke rem. Posisi katup kedua akan menghalangi tekanan minyak rem, sehingga tekanan tidak diteruskan ke rem walaupun pengemudi menginjak pedal rem.

Katup posisi tiga bakal menghalangi sebagian dari tekanan minyak rem, sehingga tekanan hanya setengah yang diteruskan ke rem meskipun pedal rem diinjak secara penuh.

Komponen terakhir yang berperan dalam bekerjanya sistem ABS adalah pompa. Fungsinya, mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan ke katup rem.

Hal pertama dalam proses bekerjanya ABS, dimulai dari sensor kecepatan yang membaca kecepatan mobil dan menyampaikannya ke komputer. Mobil yang melaju dengan kecepatan 100 km/jam secara normal membutuhkan waktu berhenti sekitar 5 detik. Namun ketika rem mendadak, waktu yang diperlukan untuk roda terkunci sekitar 1-2 detik.

Komputer telah mengatur agar dapat menghentikan mobil secara maksimal, dan menghindari penguncian roda. Sebelum roda terkunci, komputer akan mendapatkan data dari sensor kecepatan dan memerintahkan katup menghalangi tekanan dengan cara mengambil katup posisi dua atau katup posisi tiga sesuai perintah komputer.

Setelah putaran roda terdeteksi oleh sensor kecepatan, komputer akan memerintahkan katup mengambil posisi satu yang membuat tekanan minyak rem kembali dan diteruskan ke rem.

Cara kerja rem ABS tersebut terjadi sangat cepat, rata-rata sistem ABS pada mobil sekarang mampu melakukan 15 kali proses dalam 1 detik.

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya https://www.liputan6.com/otomotif/read/3445243/didukung-4-komponen-begini-cara-kerja-abs-di-kendaraan-kesayangan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Didukung 4 Komponen, Begini Cara Kerja ABS di Kendaraan ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.