Search This Blog

Industri Otomotif Sudah Lakukan Robotisasi

INDUSTRI 4.0 PELUANG BAGI PENGUSAHA MUDA (8)

Industri Otomotif Sudah Lakukan Robotisasi
Oleh Eva Fitriani dan Ridho Syukra | Jumat, 13 April 2018 | 13:13

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata. Foto: otodetik.com Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata. Foto: otodetik.com

Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia Gunadi Sindhuwinata mengatakan, di industri otomotif pada perangkat kerasnya sudah banyak melakukan robotisasi.

Permasalahannya adalah bagaimana tanpa pengaruh manusia, robot dapat bekerja lebih cepat dan tepat. “Inilah yang sebenarnya yang menjadi tujuan industri 4.0,” ujar dia.

Menurut dia, itu dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan artificial intelligence (AI), digitalisasi, internet, dan lain-lain. Di sisi lain, kecepatan internet 4G masih belum sepenuhnya, sehingga yang terpenting sebenarnya adalah sarana pendukung pengalihan ke industri 4.0.

“Untuk hal ini, pelaku usaha hanya dapat mengandalkan pada kemampuan pemerintah untuk mengembangkan hal tersebut,” tutur dia.

Dari segi SDM, Gunadi optimistis, tenaga yang tersedia cukup mampu beradaptasi dengan teknologi industri 4.0, sehingga tidak perlu dirisaukan. Bagi industri secara keseluruhan, masalah utama sebenarnya adalah skala ekonomi. (bersambung)

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/tradeandservices/masalah-bahan-baku/174428


Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya http://id.beritasatu.com/home/industri-otomotif-sudah-lakukan-robotisasi/174429

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Industri Otomotif Sudah Lakukan Robotisasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.