Search This Blog

Mengenal GPU Turbo, Revolusi Smartphone yang Terinspirasi dari ...

Turbocharger, atau yang biasa disebut turbo, adalah bagian penting dalam sejarah otomotif dunia. Komponen berbentuk silinder ini memasok udara dalam sistem pembakaran sehingga menghasilkan tenaga ekstra tanpa tambahan bahan bakar. Filosofi inilah yang diadopsi oleh produsen smartphone dalam meracik dapur pacunya lewat inovasi bernama Graphic Processing Unit (GPU) Turbo.

Diperkenalkan pertama kali pada pertengahan tahun 2018, saat ini hanya ada dua merek yang menyisipkan GPU Turbo pada smartphonenya, yakni Huawei dan kerabat dekatnya, Honor. Secara sederhana, GPU Turbo mengakselerasi kinerja grafis sebuah smartphone dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, baik software maupun hardware. Inovasi ini menjadi jawaban bagi tantangan di industri smartphone yang terus berkembang seiring waktu.

GPU Turbo lahir akibat tingginya permintaankonsumen akan grafis beresolusi tinggi. Berbagai mobile games yang kian digemari pun menjadi salah satu alasan mengapa GPU Turbo disebut sebagai salah satu inovasi terbaik yang pernah disematkan pada smartphone. Dalam prosesnya, GPU Turbo mampu memproses grafis dengan lebih efisien dan meningkatkan kinerja smartphone sehingga menciptakan pengalaman bermain yang lebih optimal.

Setelan resolusi tinggi saat bermain Mobile Legends di Huawei nova 3i. (KOMPAS.com) Setelan resolusi tinggi saat bermain Mobile Legends di Huawei nova 3i. (KOMPAS.com)

Menelisik lebih lanjut perihal GPU Turbo, Huawei menjadi merek smartphone terdepan dalam penciptaan dan penerapannya. Dalam pendekatannya, Huawei menata ulang pemrosesan grafis di level sistem untuk memenuhi kebutuhan grafis intensif seperti pada mobile games dan virtual reality (VR). Canggihnya, tidak ada hardware tambahan yang dibutuhkan untuk mendapatkan tenaga karena solusi ini dikemas dalam bentuk software.

Akselerasi pada smartphone Huawei yang dibekali GPU Turbo mencatatkan hasil yang memuaskan. Pengguna bisa menikmati performa tinggi tanpa mengorbankan baterai secara berlebihan. Berkat GPU Turbo, efisiensi pemrosesan grafis yang intens meningkat hingga 60 persen sementara konsumsi dayanya secara keseluruhan justru lebih hemat hingga 30 persen. Singkat kata, performanya lebih efisien dan hemat energi saat menjalankan aplikasi dan games berat seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends: Bang Bang.

Bermain Mobile Legends dengan tampilan resolusi tinggi tanpa lag di Huawei nova 3i. (KOMPAS.com) Bermain Mobile Legends dengan tampilan resolusi tinggi tanpa lag di Huawei nova 3i. (KOMPAS.com)

Salah satu smartphone besutan Huawei yang memiliki GPU Turbo adalah Huawei nova 3i. Smartphone ini dibekali otak yang didedikasikan untuk para pecinta mobile gaming. Sebut saja GPU turbo, RAM 4 GB, kapasitas penyimpanan 128 GB, hingga chipset Kirin 710, semua dijejalkan ke dalam smartphone yang baru saja dirilis Juli 2018 lalu ini. Ditambah fitur uninterrupted gaming dan game acceleration, bermain game menjadi semakin lancar dan tanpa gangguan.

Kehandalannya di bidang gaming pun dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya. Di sektor kamera, Huawei nova 3i dibekali masing-masing dua kamera di depan dan di belakang yang telah dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI). Tak ketinggalan, tampilannya pun terlihat stylish dengan balutan warna iris purple yang memadukan rona biru dengan gradasi keunguan. Tak salah jika perpaduan inovasi pada Huawei nova 3i ini disebut menyajikan performa kelas premium.

Let's block ads! (Why?)

Baca Selanjut nya https://biz.kompas.com/read/2018/10/27/220313128/mengenal-gpu-turbo-revolusi-smartphone-yang-terinspirasi-dari-dunia-otomotif

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal GPU Turbo, Revolusi Smartphone yang Terinspirasi dari ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.